Ringkasan Pertemuan 2 Grafika

Teknologi Display

Ada dua cara menampilkan gambar :
– Vector Display 
–  Raster Display 
• Vector Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan segmen garis (vector) 
• Raster Display  : gambar ditampilkan sebagai kumpulan titik (pixel) 
• Kuliah Grafika Komputer tidak membahas tampilan dengan vector display tetapi hanya tampilan dengan    Raster Display

Raster Display menggunakan peralatan seperti :
– Cathode Ray Tube (CRT) / Tabung sinar katoda 
Tabung vakum yang berisi sumber elektron yang digunakan untuk melihat gambar untuk mempercepat dan membelokkan berkas elektron ke layar neon untuk menciptakan gambar.

Plasma Display 
Sebuah layar plasma adalah video tampilan komputer dimana setiap piksel pada layar diterangi oleh sedikit kecil plasma atau gas yang dibebankan, agak seperti lampu neon kecil.

Liquid Cristal Display (LCD) 
Suatu jenis display yang menggunakan Liquid Crystal sebagai media refl eksinya. LCD sudah digunakan di berbagai bidang, sebagai contoh: monitor,TV, kalkulator. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat puluhan ribu pixel.

• Prinsip kerja : menyalakan / mematikan satu titik di penampil.

CRT (Cathode Ray Tube)
Paling banyak digunakan 
• Bekerja berdasarkan prinsip scanning : 
– Horizontal Scanning 
– Vertical Scanning 
• Scanning harus dilakukan dengan cepat untuk mencegah efek kerdipan (flicker)

• Liquid Crystal Displays (LCDs) 
– LCDs: : molekul organik, secara alami dalam keadaan kristal, yang mencair ketika bersemangat oleh panas atau medan E - Keadaan kristal memutar cahaya terpolarisasi 90º.

Raster Display System
• Setiap kondisi pixel di layar disimpan ke dalam memori yang disebut : frame buffer. 

• Pixel mempunyai informasi mengenai : 
– lokasi = lokasi memori di frame buffer 
• banyaknya (lokasi) pixel yang dapat disimpan disebut sebagai resolusi 
– warna = banyaknya byte di frame buffer = 2n
 • 1 bit memori = 21 warna = 2 warna
 • 4 bit memori = 24 warna = 16 warna 
 • 8 bit memori (1 byte) = 28 warna = 256 warna 
– Kapasitas memori membatasai banyaknya pixel yang ditampilkan dan warna yang dapat direpresentasikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROYEKSI