Ringkasan Pertemuan 2 Grafika
Teknologi Display
Ada dua cara menampilkan gambar :
– Vector Display
– Raster Display
• Vector Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan segmen garis (vector)
• Raster Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan titik (pixel)
• Kuliah Grafika Komputer tidak membahas tampilan dengan vector display tetapi hanya tampilan dengan Raster Display
Raster Display menggunakan peralatan seperti :
– Cathode Ray Tube (CRT) / Tabung sinar katoda
– Cathode Ray Tube (CRT) / Tabung sinar katoda
Tabung vakum yang berisi sumber elektron yang digunakan untuk melihat gambar untuk mempercepat dan membelokkan berkas elektron ke layar neon untuk menciptakan gambar.
– Plasma Display
Sebuah layar plasma adalah video tampilan komputer dimana setiap piksel pada layar diterangi oleh sedikit kecil plasma atau gas yang dibebankan, agak seperti lampu neon kecil.
– Liquid Cristal Display (LCD)
Suatu jenis display yang menggunakan Liquid Crystal sebagai media refl eksinya. LCD sudah digunakan di berbagai bidang, sebagai contoh: monitor,TV, kalkulator. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat puluhan ribu pixel.
• Prinsip kerja : menyalakan / mematikan satu titik di penampil.
CRT (Cathode Ray Tube)
• Paling banyak digunakan
• Bekerja berdasarkan prinsip scanning :
– Horizontal Scanning
– Vertical Scanning
• Scanning harus dilakukan dengan cepat untuk mencegah efek kerdipan (flicker)
• Liquid Crystal Displays (LCDs)
– LCDs: : molekul organik, secara alami dalam keadaan kristal, yang mencair ketika bersemangat oleh panas atau medan E - Keadaan kristal memutar cahaya terpolarisasi 90º.
Raster Display System
• Setiap kondisi pixel di layar disimpan ke dalam memori yang disebut : frame buffer.
• Setiap kondisi pixel di layar disimpan ke dalam memori yang disebut : frame buffer.
• Pixel mempunyai informasi mengenai :
– lokasi = lokasi memori di frame buffer
• banyaknya (lokasi) pixel yang dapat disimpan disebut sebagai resolusi
– warna = banyaknya byte di frame buffer = 2n
• 1 bit memori = 21 warna = 2 warna
• 4 bit memori = 24 warna = 16 warna
• 8 bit memori (1 byte) = 28 warna = 256 warna
– Kapasitas memori membatasai banyaknya pixel yang ditampilkan dan warna yang dapat direpresentasikan.
Komentar
Posting Komentar