PROYEKSI
PROYEKSI
◼ Proyeksi adalah metoda menggambarkan
benda tiga dimensi pada bidang 2 dimensi.
◼ Ada 2 cara melakukan proyeksi :
❑ Proyeksi paralel : Semua garis paralel akan
tampak paralel pada bidang proyeksi.
❑ Proyeksi perspektif : Semua garis paralel akan
menghilang di titik pusat proyeksi.
PROYEKSI PARALEL
◼ Ada dua macam proyeksi paralel :
❑ Proyeksi Orthographic
❑ Proyeksi Oblique
◼ Proyeksi orthographic adalah proyeksi
dengan mata tegak lurus terhadap bidang
proyeksi
◼ Proyeksi Oblique adalah proyeksi dengan
mata berada di lokasi yang tidak tegak lurus
terhadap bidang proyeksi
PROYEKSI ORTHOGRAPHIC
◼ Proyeksi orthographic dibagi menjadi 2
macam :
❑ Pandangan Multiview Orthographic
❑ Pandangan Axonometric yang dibagi menjadi tiga
macam :
◼ Isometric : Proyeksi dimana 3 muka dipendekkan dalam
ukuran yang sama
◼ Dimetric : Proyeksi dimana 2 muka benda dipendekkan
dalam ukuran yang sama
◼ Trimetric : Proyeksi dimana 2 muka dipendekkan dalam
ukuran yang berbeda
PROYEKSI MULTIVIEW ORTHOGRAPHIC
◼ Proyeksi ini diperoleh dengan menolkan
salah satu koordinat sesuai dengan sumbu
proyeksi.
◼ Terhadap bidang xy : Q(x,y) = P(x,y,z)
◼ Terhadap bidang xz : Q(x,z) = P(x,y,z)
◼ Terhadap bidang yz : Q(y,z) = P(x,y,z)
PROYEKSI OBLIQUE
◼ Memproyeksikan ke garis sejajar yang tidak
tegak lurus terhadap bidang proyeksi.
◼ Dibagi menjadi dua macam
❑ Cavalier
❑ Cabinet
PROYEKSI PERSPEKTIF
◼ Proyeksi perspektif bergantung pada dua
variable : lokasi mata dan bidang proyeksi
Komentar
Posting Komentar