PROYEKSI

 PROYEKSI

◼ Proyeksi adalah metoda menggambarkan

benda tiga dimensi pada bidang 2 dimensi.

◼ Ada 2 cara melakukan proyeksi :

❑ Proyeksi paralel : Semua garis paralel akan

tampak paralel pada bidang proyeksi.

❑ Proyeksi perspektif : Semua garis paralel akan

menghilang di titik pusat proyeksi.




PROYEKSI PARALEL
◼ Ada dua macam proyeksi paralel :
❑ Proyeksi Orthographic
❑ Proyeksi Oblique
◼ Proyeksi orthographic adalah proyeksi
dengan mata tegak lurus terhadap bidang
proyeksi
◼ Proyeksi Oblique adalah proyeksi dengan
mata berada di lokasi yang tidak tegak lurus
terhadap bidang proyeksi

PROYEKSI ORTHOGRAPHIC
◼ Proyeksi orthographic dibagi menjadi 2
macam :
❑ Pandangan Multiview Orthographic
❑ Pandangan Axonometric yang dibagi menjadi tiga
macam :
◼ Isometric : Proyeksi dimana 3 muka dipendekkan dalam
ukuran yang sama
◼ Dimetric : Proyeksi dimana 2 muka benda dipendekkan
dalam ukuran yang sama
◼ Trimetric : Proyeksi dimana 2 muka dipendekkan dalam
ukuran yang berbeda

PROYEKSI MULTIVIEW ORTHOGRAPHIC
◼ Proyeksi ini diperoleh dengan menolkan 
salah satu koordinat sesuai dengan sumbu 
proyeksi.
◼ Terhadap bidang xy : Q(x,y) = P(x,y,z)
◼ Terhadap bidang xz : Q(x,z) = P(x,y,z)
◼ Terhadap bidang yz : Q(y,z) = P(x,y,z)

PROYEKSI MULTIVIEW ORTHOGRAPHIC

PROYEKSI AXONOMETRIC

PROYEKSI OBLIQUE
◼ Memproyeksikan ke garis sejajar yang tidak
tegak lurus terhadap bidang proyeksi.
◼ Dibagi menjadi dua macam
❑ Cavalier
❑ Cabinet


PROYEKSI PERSPEKTIF
◼ Proyeksi perspektif bergantung pada dua 
variable : lokasi mata dan bidang proyeksi




Komentar

Postingan populer dari blog ini