Pertemuan 4 Grafika
WARNA
Warna sebenarnya merupakan persepsi kita terhadap pantulan cahaya dari benda-benda
Cahaya merupakan energi elektromagnetik
Cahaya dapat dibagi menjadi dua bagian :
1. Cahaya terlihat (visible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang 400-700 nm.
2. Cahaya tidak terlihat (invisible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang <400 nm atau <700 nm
Mata manusia hanya peka terhadap panjang gelombang 400 - 700 nm dan perbedaan panjang gelombang tersebut dipersepsikan sebagai 'warna
Bagaimana manusia melihat warna ?
Rods
❑ Hanya dapat membedakan terang dan gelap (hitam / putih)
❑ Mata mempunyai 120 juta rod
❑ Tidak sensitif terhadap warna
Cones
❑ Bagian retina yang peka terhadap warna
❑ Mata mempunyai 60 juta cones
❑ Ada tiga macam cones, masing-masing peka terhadap warna merah (L), biru (S) dan hijau (M).
❑ Dapat membedakan 200 warna sekaligus
◼ Fovea adalah arena di retina yang berisi cones
◼ Berukuran 1/150 inch
◼ Fovea hanya mempunyai sudut pandang sebesar 1,7 derajad. Diluar itu gambar terlihat kabur.
◼ Setiap cones di fovea mempunyai satu jalur syaraf ke otak dan dapat mengirim 'gambar' sekaligus (paralel)
Representasi warna di komputer
◼ Ada berbagai cara untuk menghasilkan warna menggunakan komputer.
◼ Beberapa model warna yang digunakan antara lain :
❑ RGB
❑ HSV / HSB
❑ HLS
❑ CMY(K)
❑ CIE
RGB (Red, Green, Blue)
◼ Warna diperoleh dari campuran tiga warna dasar (primary color), yaitu : Red, Green,Blue
◼ Setiap komponen warna disimpan sebagai angka dari 0-255 (0-FF), dengan ❑ 0 = tidak ada komponen ❑ 255 = komponen digunakan penuh
CMY(K) / Cyan, Magenta, Yellow, Black
◼ Menggunakan warna dasar (primary color) : Cyan, Magenta, Yellow dan Black.
◼ Warna lain diperoleh karena campuran warna dasar menyerap warna dasar dan memantulkan warna yang diinginkan.
HSV/B (Hue, Saturation, Value / Brightness)
◼ HSB merupakan sistem warna yang menggunakan ukuran :
❑ Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0o - 360o, dengan 0o = red,12o=green,240o=blue
❑ Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% - 100%. Nilai 0 menyatakan warna putih dan 100% menyatakan warna asli
HLS (Hue, Lightness, Saturation)
◼ Menggunakan ukuran :
❑ Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0o - 360o, dengan 0o = red,12o=green,240o=blue
❑ Lightness : pengaruh warna putih, nilai maksimum Lightness menyatakan warna putih sedangkan nilai minimum menyatakan warna hitam.
❑ Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% - 100%. Nilai 0 menyatakan warna putih dan 100% menyatakan warna asli
CIE
◼ CIE (Commission Internationale d'Eclairage) mendefinisikan tiga sumber cahaya hipotetis x,y,z yang menggunakan kurva positif dari spektrum
Komentar
Posting Komentar