Pertemuan 4 Grafika

WARNA

Warna sebenarnya merupakan persepsi kita terhadap pantulan cahaya dari benda-benda 
Cahaya merupakan energi elektromagnetik 
 
Cahaya dapat dibagi menjadi dua bagian :  
1. Cahaya terlihat (visible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang 400-700 nm.
2. Cahaya tidak terlihat (invisible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang <400 nm atau <700 nm

Mata manusia hanya peka terhadap panjang gelombang 400 - 700 nm dan perbedaan panjang gelombang tersebut dipersepsikan sebagai 'warna

Bagaimana manusia melihat warna ?
Rods 
❑ Hanya dapat membedakan terang dan gelap (hitam / putih) 
❑ Mata mempunyai 120 juta rod 
❑ Tidak sensitif terhadap warna 
Cones 
❑ Bagian retina yang peka terhadap warna 
❑ Mata mempunyai 60 juta cones
❑ Ada tiga macam cones, masing-masing peka terhadap warna merah (L), biru (S) dan hijau (M). 
❑ Dapat membedakan 200 warna sekaligus
◼ Fovea adalah arena di retina yang berisi cones 
◼ Berukuran 1/150 inch 
◼ Fovea hanya mempunyai sudut pandang sebesar 1,7 derajad. Diluar itu gambar terlihat kabur. 
◼ Setiap cones di fovea mempunyai satu jalur syaraf ke otak dan dapat mengirim 'gambar' sekaligus (paralel)

Representasi warna di komputer
◼ Ada berbagai cara untuk menghasilkan warna menggunakan komputer. 
◼ Beberapa model warna yang digunakan antara lain : 
❑ RGB 
❑ HSV / HSB 
❑ HLS 
❑ CMY(K) 
❑ CIE
            
RGB (Red, Green, Blue)
◼ Warna diperoleh dari campuran tiga warna dasar (primary color), yaitu : Red, Green,Blue 
◼ Setiap komponen warna disimpan sebagai angka dari 0-255 (0-FF), dengan ❑ 0 = tidak ada komponen ❑ 255 = komponen digunakan penuh
   
CMY(K) / Cyan, Magenta, Yellow, Black 
◼ Menggunakan warna dasar (primary color) : Cyan, Magenta, Yellow dan Black. 
◼ Warna lain diperoleh karena campuran warna dasar menyerap warna dasar dan memantulkan warna yang diinginkan.

HSV/B (Hue, Saturation, Value / Brightness) 
◼ HSB merupakan sistem warna yang menggunakan ukuran : 
❑ Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0o - 360o, dengan 0o = red,12o=green,240o=blue 
❑ Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% - 100%. Nilai 0 menyatakan warna putih dan 100% menyatakan warna asli 
        
HLS (Hue, Lightness, Saturation)
◼ Menggunakan ukuran : 
❑ Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0o - 360o, dengan 0o = red,12o=green,240o=blue 
❑ Lightness : pengaruh warna putih, nilai maksimum Lightness menyatakan warna putih sedangkan nilai minimum menyatakan warna hitam. 
❑ Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% - 100%. Nilai 0 menyatakan warna putih dan 100% menyatakan warna asli
             
CIE
◼ CIE (Commission Internationale d'Eclairage) mendefinisikan tiga sumber cahaya hipotetis x,y,z yang menggunakan kurva positif dari spektrum



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROYEKSI