IMPLEMENTASI SISTEM E-BUSINESS
Deskripsi:
Membahas implementasi sistem e-bussiness .
Tujuan Pembelajaran:
Setelah melakukan bagian ini mahasiswa mampu
1. Menjelaskan Implementasi sistem e-bisnis
2. Menjelaskan promosi
3. Menjelaskan mengonlinekan sistem e-bisnis
4. Menjelaskan e-payment
A. Implementasi Sistem E-bisnis
Untuk melakukan implementasi sistem ebisnis yang diperlukan adalah persiapan, terdiri dari
1. Membuat Server lokal;
Dowload Lokal Server sesuai kebutuhan,boleh XAMPP, LAMP (if your OS Linux),
WAMP, Appserve..dll
Install pada komputer
Uji Server Localhost
Server Lokal telah siap untuk digunakan.
2. Kenali CMS yang akan digunakan ( jika menggunaakan yang tidak berbayar)
Joomla+Virtuemart http://www.joomla.org/ http://virtuemart.net/
Wordpress+WP-Commerce+Oocommerce http://wordpress.org/
Prestashop http://www.prestashop.com/
OsCommerce http://www.oscommerce.com/
OpenCart http://www.opencart.com/
Zencart http://www.zen-cart.com/
Langkah dalam mengelola CMS
Setting Halaman Utama
General Configuration User dan Costumer Management Category, Produk, Options
Pengaturan Template
Copyright © September 2020
Setting Sistem Modul
Pengiriman dan Pembayaran Manajemen pajak Kupon, Diskon danVoucer
Pemahaman Proses Alur Belanja dan Checkout
Memaksimalkan System Anda
3. Instalasi System
Pastikan web server telah berjalan dengan baik (pastikan apache dan mysql engines
udah berjalan)
Buat folder source, misal online store pada alamat C:\xampp\htdocs\onlinestore
Copy file sumber yang sudah didownload kedalam folder tersebut, kemudian
diekstrak.
Kemudian buka browser kesayangan lalu pada address bar ketikkan alamat berikut:
localhost/onlinestore
Maka akan tampil sebuah halaman web, untuk melakukan proses instalasi toko online
tersebut.
4. Evaluasi Sistem
Pastikan apakah alur jalannya sistem sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan
kondisi dan kebutuhan sistem.
Apakah tampilan dan isi sudah sesuai, baik dan benar.
Jika penggunaan template, sudah responsive, pastikan sudah berjalan baik pada model
smartphone yang umum digunakan.
B. Promosi
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada
dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan
adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
1. Tujuan Promosi
a) Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
b) Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
c) Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
d) Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
e) Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
f) Membentuk citra produkdi mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
g) Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen
2. Cara Promosi
a) Melalui e-mail
b) Melalui sms
c) Melalui pembicaraan
d) Melalui iklan
e) Media sosial
f) Kini website dan lainya
3. Alasan promosi
a) Karakteristik tiap konsumen berbeda. Perbedaan dilihat dari gender dan umur, status
perkawinan, tingkatan pendidikan, etnicity, jabatan, pendapatan rumah tangga,
kepribadian dan gaya hidup.
b) Perilaku konsumen. konsumen yang satu dengan yang lain memiliki perilaku
berbeda-beda
Ciri khusus konsumen saat ini telah mengalami perubahan, hal ini disebabkan karena
memiliki memori jangka pendek(emosional) dan kurang memiliki perencanaan pada saat
berkunjung kepusat perbelanjaan. Hal ini membuat promosi non digital perlahan-lahan ke
arah digital.
4. Teknik Promosi Sistem E-Bisnis (TokoOnline)
a) Web Forum
b) Memanfaatkan Situs Jejaring Sosial
c) Membuat Newslater Feed, RssFeed
d) Menggunakan Fasilitas website PPC
e) SEO
f) Adwords
g) Banner
h) Backlink
i) Memanfaatkan layanan Google
C. Mengonlinekan Sistem e-bisnis
Tujuan akhir dari pembuatan sistem E-Bisnis dalam kemasan toko online adalah
mempublikasikannya (meng-onlinekan) di Internet.
Ada banyak hal, metode dan cara yang harus dipersiapkan untuk meng-onlinekan Sistem
EBisnis, semua itu bergantung dengan Model Usaha dan Sistem yang akan dibangun.
Dalam mengonlinekan sistem e-bisnis langkah awal adalah persiapan, yang terdiri dari
1. Persiapan Domain
Memilih nama domain yang baik dan sesuai
Menentukang TLD atau ccTLD sesuai kebutuhan
Mempersiapkan dokumen pengurusan domain
Kebutuhan dokumen khusus domain .id dapat dilihat dimasing-masing registrar
PANDI.
2. Persiapan Hosting
Memilih hosting sesuai dengan kebutuhan
IIX atau Luar Negeri
Tips Membeli Domain & Hosting Premium
Harus aktif dan interaktif dengan penyedia domain dan hosting
Kapasitas Bandwith
Kapasitas Space
Posisi Server (IIX or International)
Backup
Uptime
Legalitas
Hati-hati dengan harga murah.
Contoh Domain diantaranya dot.tk co.cc uni.me cu.cc co.nr xx.xx co.nf co.gp co.de
dan contoh Free Hosting diantaranya
1. www.neq3hosting.com
2. www.000webhost.com
3. www.bytehost.com
4. www.zymic.com
5. www.antserve.com
6. www.biz.nf
7. www.5gbfree.com
8. www.idhostinger.com dan lain sebagainya
D. e-payment
Pembayaran atau transaksi keuangan, secara umum dapat diartikan sebagai pemindahan
sejumlah uang dari si pembayar ke penerima. Sistem pembayaran konvensional, pelanggan
mengirimkan semua data terkait dengan pembayaran kepada pedagang yang dilakukan
diinternet dan tidak ada interaksi eksternal lebih lanjut antara pedagang dan pelanggan.
Perdagangan/perniagaan di Internet membutuhkan kecepatan dalam transfer of money. Dalam
sistem e-bisnis pembayaran yang dilakukan mulai banyak menggunakan e-payment, e-money,
dan e-banking.
E-Payment adalah suatu sistem yang menyediakan alat-alat untuk pembayaran jasa atau
barang-barang yang dilakukan di internet.
1. Pelaku E-Payment
Dalam E-Payment ada 4 pelaku yang terlibat adalah
a. Issuer, biasanya berupa bank atau lembaga non banking.
b. Konsumen, pihak yang melakukan E-Payment.
c. Penjual, pihak yang menerima E-Payment.
d. Regulator, biasanya pemerintah yang regulasinya mengontrol E-Payment.
2. Manfaat E-Payment
Manfaat penggunaan E-Payment adalah
a. Meningkatkan efisiensi pembayaran.
b. Meningkatkan customer loyality.
c. Memberikan keamanan bertransakasi yang lebih dibandingkan cash.
d. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu.
e. Memberikan kemudahan pembayaran dan perluasan media pembayaran.
3. Jenis Layanan E-Payment
a. Electronic banking
Hanya cara untuk mengakses servis bank biasa
b. Stored Value Systems (cards)
Uang baru (model baru)
Alternatif dari mata uang yang dikeluarkan oleh pemerintah
4. Model-model E-payment (general)
Micropayment, adalah salah satu alternatif pembayaran elektronik (uang elektronik) dengan
mekanisme pembayaran melalui internet ataupun media lain, dilakukan untuk jumlah uang
yang relatif kecil dan intensitas transaksi yang tinggi
E-wallet, virtual wallet, merupakan dompet elektronika untuk menyimpan data instrumen
pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang
elektronik, yang dapat juga menampung dana, untuk melakukan pembayaran
E-cash, digicash adalah bentuk elektronik dari uang yang kita kenal sehari-hari. Digital
Cash dapat dibeli dari Bank yang menerbitkannya, cybercash sebuah cara pembayaran
yang ditujukan terutama untuk transaksi pembayaran barang-barang yang berharga
murah (micropayments) di internet, karena kartu kredit tidak dapat digunakan untuk
transaksi yang nilainya di bawah minimum pembelian.
Electronic cheque, cek yang dikeluarkan dalam bentuk elektronik dengan tanda tangan
elektronik, bukan tanda tangan tertulis atau segel fisik. Ruang lingkup eCheck meliputi
cek menyeberang (batas ke rekening deposito saja), surat promes yang terhutang oleh /
melalui bank, dan draft penerimaan bankir.
First Virtual sebuah perusahaan jasa pelayanan pembayaran transaksi di internet dengan
menggunakan kartu kredit. First Virtual bertindak sebagai perantara antara konsumen,
pengelola kartu kredit dan pedagang.
Smartcard-based e-payment, merupakan sebuah kartu yang memiliki perangkat chip kecil
yang tertanam di dalamnya
Paypal, alat pembayaran (Payment Processor) virtual dalam bertransaksi secara online
E-Gold, mata uang elektronik yang terdaftar resmi dan bisa diterima di seluruh dunia
serta mudah ditukarkan dalam mata uang yang berlaku di negara manapun. E-gold bisa
ditukar menjadi Rupiah, Dollar, Euro, dan lain-lain dengan cara yang sangat mudah.
Secpay
authorize.net
Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang terdesentralisasi yang memperbolehkan
untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan dan lain
sebagainya..
5. Payment Gateway
Payment Gateway adalah Otentifikasi dan mengotomatiskan pembayaran elektronik yang
dibuat oleh pembeli untuk pedagang e-commerce ataupun e-bisnis. Hal ini memungkinkan
pedagang ecommerce untuk menerima pembayaran kartu kredit disitus mereka.
Payment gateway merupakan tampilan bank(atau lembaga keuangan anatara pembeli dan
pedagang yang memfasilitasi transfer uang dari rekening pembeli dan pedagang.
Payment Gateway yang ada diIndonesia saat ini diantaranya
Doku www.doku.com
KlikPay www.klikbca.com/klikpay
IPAYMU https://ipaymu.com/
Finpay http://www.portalfinpay.com/
Veritrans https://www.veritrans.co.id/ Dan lain sebagainya..
6. Tips Memilih Payment Gateway
Kesesuaian
Keamanan
Biaya
Kesederhanaan vs Kustumisasi
7. Aspek Keamanan Komputer
a. Authentication, ini akan dilakukan sewaktu user login dengan menggunakan nama
user dan passwordnya, apakah cocok atau tidak, jika cocok diterima dan tidak akan
ditolak. Ini biasanya berhubungan dengan hak akses seseorang, apakah dia pengakses
yang sah atau tidak.
b. Integrity adalah sebuah informasi tidak boleh diubah kecuali oleh pemilik informasi.
Terkadang data yang telah terenskripsipun tidak terjaga integritasnya karena ada
kemungkinan chpertext dari enkripsi tersebut berubah. Contoh : Penyerangan
Integritas ketika sebuah email dikirimkan ditengah jalan disadap dan diganti isinya,
sehingga email yang sampai ketujuan sudah berubah.
c. Nonrepudiation, menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan
sebuah transaksi. Sebagai contoh, seseorang yang mengirimkan email untuk memesan
barang tidak dapat menyangkal bahwa dia telah mengirimkan email tersebut.
d. Confidentiality merupakan data yang diberikan ke pihak lain untuk tujuan khusus
tetapi tetap dijaga penyebarannya. Contohnya data yang bersifat pribadi seperti :
nama, alamat, no ktp, telpon dan sebagainya. Confidentiality akan terlihat apabila
diminta untuk membuktikan kejahatan seseorang, apakah pemegang informasi akan
memberikan infomasinya kepada orang yang memintanya atau menjaga klientnya.
Privacy, adalah sesuatu yang bersifat rahasia(provate). Intinya adalah pencegahan
agar informasi tersebut tidak diakses oleh orang yang tidak berhak. Contohnya adalah
email atau file-file lain yang tidak boleh dibaca orang lain meskipun oleh
administrator. Pencegahan yang mungkin dilakukan adalah dengan menggunakan
teknologi enksripsi, jadi hanya pemilik informasi yang dapat mengetahui informasi
yang sesungguhnya.
e. Availability, aspek ini berkaitan dengan apakah sebuah data tersedia saat
dibutuhkan/diperlukan. Apabila sebuah data atau informasi terlalu ketat
pengamanannya akan menyulitkan dalam akses data tersebut. Disamping itu akses
yang lambat juga menghambat terpenuhnya aspe availability. Serangan yang sering
dilakukan pada aspek ini adalah denial of service (DoS), yaitu penggagalan service
sewaktu adanya permintaan data sehingga komputer tidak bisa melayaninya. Contoh
lain dari denial of service ini adalah mengirimkan request yang berlebihan sehingga menyebabkan komputer tidak bisa lagi menampung beban tersebut dan akhirnya
komputer down.
f. Access control / Authority, pemberi ijin terhadap sebuah ojek tertentu secara spesifik.
Akases control sendiri membatasi orang orang yang akan mengakses objek tersebut.
Tanpa adanya akses control, kemungkinan sesuatu (termasuk data) dapat di curi lebih
meningkat.
8. Ancaman Umum ada Sistem E-Bisnis
a. Pencegatan data, pembacaan dan modifikasi data secara tidak sah.
b. Puncurian data terhadap orang yang tidak bertanggung jawab.
c. Kecurangan (fraud) yang dilakukan oleh orang-orang yang identitasnya tidak
diketahui.
d. Akses yang tidak sah oleh seseorang terhadap data milik orang lain
Beberapa Solusi terhadap ancaman pada Sistem E-Bisnis
Enkripsi (penyandian data), Metode enkripsi atau yang lebih dikenal dengan kriptografi
(cryptograph) adalah metode penyandian suatu pesan atau data yang terkirim melalui
jaringan publik dengan menggunakan kunci-kunci(keys) tertentu.
Otentifikasi (Melakukan verifikasi terhadapidentitas pengirimdanpenerima)
Firewall (Menyaring serta melindungi lalu lintas data di jaringan atau server). Firewall
akan bertindak sebagai pelindung atau pembatas terhadap orang-orang yang tidak berhak
untuk mengakses jaringan kita.
Komentar
Posting Komentar